Khasiat Tumbuhan Alang-Alang

Khasiat Tumbuhan Alang-Alang -  Tumbuhan alang-alang atau yang dikenal dengan Imperata cylindrica memiliki fungsi sebagai obat herbal untuk beberapa macam penyakit. Tumbuhan ini banyak tumbuh didaerah Jawa, didaerah padang terbuka maupun semi tertutup.

Khasiat Alang-Alang :

tumbuhan-alang-alang Tumbuhan alang-alang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk memperlancar proses pengeluaran air seni atau kencing, selain itu bisa juga digunakan sebagai pereda rasa nyeri pada tubuh.

Sedangkan fungsi yang paling penting adalah tumbuhan ini bisa digunakan sebagai sarana untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagian Alang-Alang Yang Digunakan Untuk Obat Herbal :

Bagian dari tumbuhan alang-alang yang digunakan sebagai obat tradisional adalah pada bagian akar atau rimpangnya, setelah terlebih dahulu dibersihkan.

Cara Pembuatan :

  1. Bersihkan akar atau rimpang alang-alang dengan air bersih kemudian dikeringkan.
  2. Ambil 20-30 gram rimpang kering kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai hanya tersisa 1,5 gelas.
  3. Setelah air rebusan alang-alang dingin kemudian disaring.
  4. Minum air hasil saringan dari rebusan alang-alang sebanyak 3 kali dalam sehari dan setiap minum sebanyak setengah gelas.

Demikian proses pembuatan obat herbal dari tumbuhan alang-alang semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang obat tradisional kami yang lain. Terima kasih


Category Article

What's on Your Mind...